Mendisiplinkan anak. Perlukah..?


Walo saya termasuk member pasif di milis2 yg saya ikuti tapi saya rajin membuka satu demi satu digest yg ada di inbox saya.. Kalo dkumpulin ntah udah berapa banyaknya jumlah digest email yg saya baca.. bacanya sih numpang mampir, selintas tapi tetep aja ada yg nyantol salah satunya cara mendisiplinkan anak.

Yang saya inget sekali di milis Sehat bunda Wati pernah nulis kalo tidak ada salahnya mendisiplinkan anak sejak bayi, mengajarkan habit yg baik sejak bayi dan semua itu bener2 saya terapkan buat Aya, sebagai contoh:

Aya harus tidur sebelum jam 20.30, sejak usia sebulan sudah mulai saya biasakan masuk kamar jam 7 terserah deh mau main2 dulu ato langsung bobo pokonya ngamar. Jadilah sampe skrg kl udh jam 19.30-an aya udh mulai usek2 pingin bobo.

Sikat gigi, kalo sudah sikat gigi jam 19-19.30 aya udh ga bole makan apa2 lagi, hanya boleh minum air putih, saya lebih memilih aya nangis2 krn saya larang makan stelah sikat gigi dr pada nantinya dia nangis2 krn sakit gigi. Awalnya aya protes tp krn sayanya keukeuh kesininya jd ngerti ga pernah nangis2 paling cuma manyun bentar. Biasanya suka saya kasi waktu untuk aya puas2in ngemil krn setelah sikat gigi udh bener2 ga bole makan. Hasilnya.. belum ada setitik plak di gigi aya. Extrem tp cihuy..! *maknya parno liat sepupu2nya aya gigi depannya pada geripis…*

Pis/pup pada tempatnya, kebiasaan ini udah diajarkan sejak aya berusia 4 bulan, Alhamdulillah usia 18 bulan lulus potty training. Blass free diapers bahkan disaat keluar rumah, jd kalo kita mau jalan2 aya cuma bawa handuk kecil buat ngelap pantatnya sehabis pipis.. trus kalo kita mau makan pun ga hanya nyari tempat makan yg enak tp musti liat wc-nya juga.. HARUS BERSIH..

Jam makan, penting bgt ni biar tubuh seolah memiliki jam biologis untuk lapar. Dari jamannya MPASI sampe skrg jam makan utama dan cemilan belum berubah.

Mengajarkan kata tolong, maaf dan terima kasih, untuk tolong udh sukses dipakai aya sehari2, terima kasih masih berupa bahasa isyarat.. tau ni aya susah bgt bilang makasih jd dia bilangnya ky kiss bye tp telapak tangan diletakkan di dagu, kalo maaf juga pke isyarat (meluk sambil nepuk2 pundak yg dimintai maaf)

Trus apa lagi yaaa… ntr deh kapan2 di share lg yg lain kl inget.. hehehe

Link yg terkait seputar mendisiplinkan anak bisa diliat disini:
http://lifestyle.okezone.com/read/2009/07/24/196/241588/196/melatih-disiplin-pada-anak
http://anakuya.wordpress.com/2008/01/29/kapan-saat-tepat-mengajarkan-disiplin/

Ato ga coba gugling aja seabrek2 deh infonya.. ^^

Yuuk mari semoga bermanfaat..

66 Komentar (+add yours?)

  1. lovenavaro
    Okt 20, 2009 @ 00:00:50

    neng aya hebat euy.. bundanya juga hebring.. hehe

    Balas

  2. alikastore
    Okt 20, 2009 @ 00:00:51

    lovenavaro said: neng aya hebat euy.. bundanya juga hebring.. hehe

    varo dan mami juga hebring..!!

    Balas

  3. bundaazmi
    Okt 22, 2009 @ 00:00:52

    setuju bun, emang perlu mengajari anak untuk disiplin hehehe…lha kog ‘azmi ama sama azri, yg masih bermasalah cuma makan, masih angot2an… klo yg lain sih udah… eh satu lg…klo pipis masih suka bobol, blm nyampai kamar mandi dah ngucur dulu wkwkwkwk…

    Balas

  4. alikastore
    Okt 22, 2009 @ 00:00:53

    bundaazmi said: setuju bun, emang perlu mengajari anak untuk disiplin hehehe…lha kog ‘azmi ama sama azri, yg masih bermasalah cuma makan, masih angot2an… klo yg lain sih udah… eh satu lg…klo pipis masih suka bobol, blm nyampai kamar mandi dah ngucur dulu wkwkwkwk…

    awal2 dulu aya jg gitu bun.. mknya awal2 potty-nya ga d taro di wc tp d kmr biar deket sama tempat dia main jd kl pingin pipis ga jauh2 dulu k wc. bgitu lulus potty training br deh pipis di wc. kekeke.. 😛

    Balas

  5. phyliadesfa
    Okt 22, 2009 @ 00:00:54

    juragan ponrat pinterrr yahh…Hana masih suka ngacak jadwalnyah…apalagi urusan teduuurr…hadohhh….siang cuma dikasi tidur sekali, malem ga bole tidur magrib, tidur jam 21.00 an ajahhh….nti jam 2 pagi2 buta bangguunn, seggeerrr, ngajak bundanya mainnn…gemana ini makkkk:(

    Balas

  6. alikastore
    Okt 22, 2009 @ 00:00:55

    Hana pinter yah ngerjain maknyaa.. Coba des hana dibikin kenyang, abis magrib kasi pisang ato kasi buah yg lain biasanya kl kenyang bobonya lama dan blass sampe pagi.Kasian deh lu mak ga bisa hanimun. Wkwkwkw!

    Balas

  7. phyliadesfa
    Okt 23, 2009 @ 00:00:56

    bun…abis magrib gw kasi makan nasi lagihh….kasih pisang, kasih puding, paan aja dah yang dia mau….tapi tetebh ga mempaann….ususnya pendek kali ya…wkwkwkwk…..

    Balas

  8. alikastore
    Okt 23, 2009 @ 00:00:57

    Bukan pendek des tapi melarr. Whahahah..! Canggih si hana makannya. Tob!

    Balas

  9. lukybogor
    Okt 23, 2009 @ 00:00:58

    wah ratih hebat euy……selamat semoga bisa sampai dia menjelang dewasa kelak yah…

    Balas

  10. alikastore
    Okt 23, 2009 @ 00:00:59

    Amiin… blajar disiplin dari bayi sampe dewasa

    Balas

  11. bundafahri
    Okt 24, 2009 @ 00:01:00

    hebaaatt!!dlm beberapa hal aku sering ga bisa disiplin utk mendisiplinkan mereka. jd gagal teyuss nih hiks hiks

    Balas

  12. alikastore
    Okt 24, 2009 @ 00:01:01

    Ayoo ka semangat kau pasti bisa..! Gw udh ngeliat sih anak yg ga dibiasain disiplin.. Cape kaa.. Jd ga ngerti aturan trus jd susah jg dikasi taunya. Yg ada ortunya emosi jiwa terus

    Balas

  13. bundafahri
    Okt 24, 2009 @ 00:01:02

    contohnya sepele ra….gw kalo mo tdr aja jarang gosok gigi jd suka lupa nyuruh anak2 gosok gigi hahha….sebenernya sih hal sepele2 gitulah gw kalo mo gosok gigi gmn…begitu anak2 tdr,diriku kembali ke meja makan,utk bersih2…..daripada makanan di buangweeekkkkksssssssssssssssss

    Balas

  14. alikastore
    Okt 24, 2009 @ 00:01:03

    bundafahri said: contohnya sepele ra….gw kalo mo tdr aja jarang gosok gigi jd suka lupa nyuruh anak2 gosok gigi hahha….sebenernya sih hal sepele2 gitulah gw kalo mo gosok gigi gmn…begitu anak2 tdr,diriku kembali ke meja makan,utk bersih2…..daripada makanan di buangweeekkkkksssssssssssssssss

    wkakakak..!!gmn lu mau kaya peragawati kl makan muluuuw… =))

    Balas

  15. bundafahri
    Okt 24, 2009 @ 00:01:04

    alikastore said: wkakakak..!!gmn lu mau kaya peragawati kl makan muluuuw… =))

    sayaaanggg kalo di buang

    Balas

  16. alikastore
    Okt 24, 2009 @ 00:01:05

    bundafahri said: sayaaanggg kalo di buang

    alesan aja luu.. 😛

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: