Nasi tomat..

Beberapa waktu lalu pernah bikin nasi tomat pke rice cooker tp ternyata hasilnya tak sebagus seperti yg di buku resepnya pak Wied Harry dan karena penasaran sabtu kmrn saya coba bikin lagi tp dengan cara manual.

Beras+air+wortel+bawang bombay serut dimasak hingga airnya habis, trus baru masukin serutan keju dan tomat yg telah dikupas dan dibuang bijinya lalu dipotong dadu. Dan hasilnya sangat cantikk!

Dikukusnya sekalian deh bareng sama jagung dan labu siam.. jadi vegetarian sehari ya Ay..!

22 Komentar (+add yours?)

  1. ataqi
    Mei 31, 2009 @ 00:00:00

    wah, bisa dicoba tuh buat besok, bahan2nya dirumah ada..sip dehkemarin sabtu minggu aku bikin resep yg ada di bukunya pakde wied lho (idolanya mba ratih), sabtu bikin nasi tim ayam, minggunya bikin nasi gurih (lupa euy judulnya, hal 53), tapi kalo buat lidahku yg hari sabtu rasa bawang putihnya menyengat banget, trus yg resep hari minggu, kacang polong diganti kacang merah, tapi aroma daun jeruknya yg bikin aku eneg, tapi buat azka ya apapun masakannya, teteuup dimakan aja….td pagi ga ada ide jadi balik bubur lagi…hehehe

    Balas

  2. luvhoney
    Mei 31, 2009 @ 00:00:01

    kalo aku biasanya dbikin nasi tim…

    Balas

  3. estiningtyas
    Mei 31, 2009 @ 00:00:02

    ntar coba resep ini deh. sis kalo wortelnya dimasukkin awal apa ga kematangan trus vitaminnya ilang ya?? biasanya aku masukkin wortel kalo airnya dah mau abis itu jadi nanti ga kematangan. bener ga sis ?? koreksi kalo aku salah ya. thanks

    Balas

  4. alikastore
    Mei 31, 2009 @ 00:00:03

    ataqi said: wah, bisa dicoba tuh buat besok, bahan2nya dirumah ada..sip dehkemarin sabtu minggu aku bikin resep yg ada di bukunya pakde wied lho (idolanya mba ratih), sabtu bikin nasi tim ayam, minggunya bikin nasi gurih (lupa euy judulnya, hal 53), tapi kalo buat lidahku yg hari sabtu rasa bawang putihnya menyengat banget, trus yg resep hari minggu, kacang polong diganti kacang merah, tapi aroma daun jeruknya yg bikin aku eneg, tapi buat azka ya apapun masakannya, teteuup dimakan aja….td pagi ga ada ide jadi balik bubur lagi…hehehe

    aku ga pke daun jeruk euy.. idenya sih nyomot di buku tapi prakteknya suka2 aku aja, lbh sering sih pke daun salam baunya jadi gurih…aya malah jrg bgt dibuburin kecuali oatmeal. hihihi…

    Balas

  5. alikastore
    Mei 31, 2009 @ 00:00:04

    luvhoney said: kalo aku biasanya dbikin nasi tim…

    aku ga pernah bikin nasi tim, aya kl makan nasi putih juga udah bareng sama orang rumah sejak ulang tahun pertamanya πŸ™‚

    Balas

  6. bundazua
    Mei 31, 2009 @ 00:00:05

    Teh ngukusnya langsung ditumpangin gitu ya?..kalo aku biasanya pake mangkok sendiri kalo masak nasi2an gitu.. Gak kecampur bau jagung teh?

    Balas

  7. alikastore
    Mei 31, 2009 @ 00:00:06

    estiningtyas said: ntar coba resep ini deh. sis kalo wortelnya dimasukkin awal apa ga kematangan trus vitaminnya ilang ya?? biasanya aku masukkin wortel kalo airnya dah mau abis itu jadi nanti ga kematangan. bener ga sis ?? koreksi kalo aku salah ya. thanks

    vitaminnya mungkin ga lari kmana2 mba, kan airnya menyerap di beras. Beda soal kl wortelnay direbus vitaminnya jadi sedikit hilang kecuali kl air rebusannya mau diminumin juga. hehehe. tp daripada ribet mendingan di kukus karena vitaminnya ga banyak yg hilang. cmiiw

    Balas

  8. alikastore
    Jun 01, 2009 @ 00:00:07

    bundazua said: Teh ngukusnya langsung ditumpangin gitu ya?..kalo aku biasanya pake mangkok sendiri kalo masak nasi2an gitu.. Gak kecampur bau jagung teh?

    kemarin sih ga kecium bau2 yg aneh.. aroma nasinya tetep keluar.. tp kl mau dipisah ya silahkan aja.. :)*jadi mikir bau jagung ky gmana yaaa…*

    Balas

  9. nengrayya
    Jun 01, 2009 @ 00:00:08

    good idea.. rayya lg mogok makan nasi kalau sore.. knp ya?

    Balas

  10. alikastore
    Jun 01, 2009 @ 00:00:09

    nengrayya said: good idea.. rayya lg mogok makan nasi kalau sore.. knp ya?

    coba bikin nasi aroma teh, sedikit aja dulu dan liat bagaimana reaksinya.. πŸ™‚

    Balas

  11. luvhoney
    Jun 01, 2009 @ 00:00:10

    alikastore said: aku ga pernah bikin nasi tim, aya kl makan nasi putih juga udah bareng sama orang rumah sejak ulang tahun pertamanya πŸ™‚

    iya nih bund..sebulan ini sempet mogok makannya sampe GTM gitu..akhirnya dibuat lagi nasi tim…baru deh dia mau maemnya..kmrn diujicobakan nasi lagi…mingkemmm lagii…uh..itu bentuknya mirip sama nasi tomat itu, cuman masaknya ditim..beras dikasi air,trus dimasak didalam panci yang ada airnya lagi..aku nyebutnya nasi tim..

    Balas

  12. estiningtyas
    Jun 01, 2009 @ 00:00:11

    alikastore said: vitaminnya mungkin ga lari kmana2 mba, kan airnya menyerap di beras. Beda soal kl wortelnay direbus vitaminnya jadi sedikit hilang kecuali kl air rebusannya mau diminumin juga. hehehe. tp daripada ribet mendingan di kukus karena vitaminnya ga banyak yg hilang. cmiiw

    oh gitu ya sis. yup benar.

    Balas

  13. fayyadhpm
    Jun 01, 2009 @ 00:00:12

    kayaknya ne bunda ne yang harus makan ya ay,,, pasti seru…:D

    Balas

  14. alikastore
    Jun 01, 2009 @ 00:00:13

    luvhoney said: iya nih bund..sebulan ini sempet mogok makannya sampe GTM gitu..akhirnya dibuat lagi nasi tim…baru deh dia mau maemnya..kmrn diujicobakan nasi lagi…mingkemmm lagii…uh..itu bentuknya mirip sama nasi tomat itu, cuman masaknya ditim..beras dikasi air,trus dimasak didalam panci yang ada airnya lagi..aku nyebutnya nasi tim..

    bener mba hani.. dari pada GTM yah bikin pusing mungkin emng blom siap aja alifnya kl nasinya ga di tim..semoga alif on terus makannyaa… πŸ™‚

    Balas

  15. alikastore
    Jun 01, 2009 @ 00:00:14

    estiningtyas said: oh gitu ya sis. yup benar.

    dari yg aku baca sih proses yg paling baik mengukus karena vitaminnya ga banyak kebuang.. koreksi juga ya mba πŸ™‚

    Balas

  16. alikastore
    Jun 01, 2009 @ 00:00:15

    fayyadhpm said: kayaknya ne bunda ne yang harus makan ya ay,,, pasti seru…:D

    huahahaha… hayoo ibu mau gaaa..?sesama phobi tomatoes dilarang saling meledek yah :))

    Balas

  17. akuhanif
    Jun 01, 2009 @ 00:00:16

    ntar coba ah, hanif lagi musuhan ama nasi nih. paling maunya ama sayur atau lauknya aja

    Balas

  18. alikastore
    Jun 01, 2009 @ 00:00:17

    akuhanif said: ntar coba ah, hanif lagi musuhan ama nasi nih. paling maunya ama sayur atau lauknya aja

    kl aya lg jd nasi mania ni teh.. kadang suka ngemilin nasi :Daa hanif jgn lama2 ya musuhannya… πŸ™‚

    Balas

  19. worotarie
    Jun 02, 2009 @ 00:00:18

    raihana lagi nggak mood makan, hiks…. lagi batuk2 nih. klo lagi batuk, ngomongnya, “mii… acit dada anaaa” sambil nunjuk2 dadanya. hiks hiks… huaaaaa……

    Balas

  20. alikastore
    Jun 02, 2009 @ 00:00:19

    worotarie said: raihana lagi nggak mood makan, hiks…. lagi batuk2 nih. klo lagi batuk, ngomongnya, “mii… acit dada anaaa” sambil nunjuk2 dadanya. hiks hiks… huaaaaa……

    biasa ko teh kl lagi sakit pasti jadi rada males makan. sering2 aja dkasi air putih…cepet sembuh ya Rai.. πŸ™‚

    Balas

  21. plasterpainting
    Jun 07, 2009 @ 00:00:20

    wih kayaknya enak nih… patut dicoba… lam kenal ya mbak

    Balas

  22. alikastore
    Jun 07, 2009 @ 00:00:21

    plasterpainting said: wih kayaknya enak nih… patut dicoba… lam kenal ya mbak

    silahkaan.. aya sih doyan berarti enak donk yah. hehe..salam kenal kembali πŸ™‚

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: